• Home
  • Raih Prestasi Bersama SMK Negeri 1 Cairu

JENIS DASAR GERBANG LOGIKA

 on Sabtu, 21 Maret 2015  

JENIS DASAR GERBANG LOGIKA






 Ada tujuh jenis logika dasar gerbang membentuk Sistem Digital, yaitu:

  •     Pintu Gerbang
  •     Gerbang OR
  •     Gerbang NOT
  •     Gerbang NAND
  •     NOR Gerbang
  •     X-gerbang OR (eksklusif OR)
  •     X-NOR gerbang (exlusive NOR)

Tabel berisi kombinasi variabel input (masukan) yang menghasilkan output (output) Logical disebut "tabel kebenaran" atau "tabel kebenaran".
Masuk dan keluar di pintu gerbang hanya memiliki 2 tingkat. Kedua tingkat ini umumnya dapat diwakili oleh:

    
TINGGI (tinggi) dan LOW (rendah)
    
TRUE (benar) dan false (palsu)
    
ON (Hidup) dan OFF (OFF)
    
1 dan 0
Aplikasi pada sirkuit elektronik menggunakan transistor TTL (transistor-transistor logic), maka 0 V di sirkuit akan dianggap sebagai "rendah" atau "0", sedangkan 5V diasumsikan sebagai "tinggi" atau "1".
Berikut ini adalah deskripsi singkat dari 7 jenis gerbang logika dasar dan tabel kebenaran dan simbol.Gerbang (gerbang)
Puerta membutuhkan dua atau lebih masukan (input) untuk menghasilkan satu output (output). Puerta menghasilkan output (output) Logika 1 ketika semua input (Input) dengan logika 1 dan menghasilkan output (output) Logika 0 jika salah satu input (Input) nilai logika 0. Simbol menunjukkan gerbang logika AND adalah dot (".") atau tidak menggunakan tanda-tanda. Sebagai contoh: Z = x.y atau Z = XY.
Simbol dan tabel kebenaran dan Gate (gerbang) gerbang logika Simbol dan Kebenaran Tabel gerbang

 

1.Gerbang OR (OR gate)


Gerbang OR membutuhkan dua atau lebih masukan (input) untuk menghasilkan satu output (output). Gerbang OR akan menghasilkan output (output) 1 jika salah satu input (Input) dengan logika 1 dan jika Anda ingin menghasilkan output (output) Logika 0, maka semua input (masukan) harus 0 logis.
Simbol ini menunjukkan Kombinasi O adalah tanda plus ("+"). Sebagai contoh: Z = X + Y.
Simbol dan Tabel Kebenaran gerbang OR (OR gate) simbol atau gerbang logika dan gerbang OR Tabel Kebenaran

2. Gerbang NOT (NO)


NO pintu hanya membutuhkan input (Input) untuk menghasilkan satu output (output). Gerbang NOT disebut juga inverter (reversal) untuk output (output) yang berlawanan (inverse) dengan input atau masukan. Ini berarti bahwa jika kita mendapatkan output (output) dengan nilai logika 0 maka input atau masukan harus bernilai Logika 1. NO pintu biasanya dilambangkan dengan minus ("-") di atas variabel masukan .
Simbol dan Tabel Kebenaran gerbang NOT (gerbang NOT) dan TIDAK gerbang logika Simbol Tabel Kebenaran gerbang NOT

3.Gerbang NAND (NAND)


DAN atau NAND berarti NO TIDAK AND, NAND merupakan kombinasi dari gerbang AND dan gerbang NOR yang menghasilkan kebalikan dari output (output) dan pintu. Menghasilkan logika NAND gerbang keluaran 0 jika semua input (masukan) Logika 1 dan jika ada yang berharga masukan logika 0 akan menampilkan (output) Logika 1.
Gerbang NAND simbol dan tabel kebenaran (NAND Gate) NAND Gerbang simbol dan tabel kebenaran gerbang NAND

4.Gerbang NOR (gerbang NOR)


Arti ATAU TIDAK ATAU TIDAK atau OR, gerbang NOR adalah kombinasi dari gerbang OR dan gerbang NOT yang menghasilkan kebalikan dari output (output) gerbang OR. Menghasilkan logika NOR gerbang keluaran 0 jika salah satu input (Input) dengan logika 1 dan jika Anda ingin mendapatkan output logika 1, maka semua input (masukan) harus 0 logis.
Simbol dan Tabel Kebenaran gerbang NOR (gerbang NOR) Simbol NOR gerbang logika dan gerbang NOR tabel kebenaran

5.X-gerbang OR (X-OR gate)


X-OR XOR berarti yang terdiri dari 2 input (Input) dan 1 output (output) Logika. X-gerbang OR akan menghasilkan output (output) Logika 1 jika semua input-input (input) memiliki nilai logika yang berbeda. Jika nilai input logika yang sama, hasil output logika memberikan 0.
Simbol dan Kebenaran Tabel Puerta XO XO simbol gerbang logika dan tabel kebenaran X-OR (pintu XO) Pintu

 6.X-NOR gerbang (X-NOR Gate)


X-gerbang OR, gerban X-NOR juga memiliki 2 input (Input) dan 1 output (output). X-NOR berarti Exclusive NOR gerbang dan kombinasi X-OR dan gerbang NOT. X-NOR gerbang akan menghasilkan output (output) Logika 1 ketika semua input logika atau masukan bernilai sama dan akan menghasilkan output (output) Logika 0 jika semuanya berharga logika masukan masukan atau berbeda. Ini adalah kebalikan dari X-gerbang OR (eksklusif OR).
Simbol dan tabel kebenaran X-NOR gerbang (X-NOR Gate) Simbol X-NOR gerbang logika dan kebenaran tabel X-NOR Gerbang

JENIS DASAR GERBANG LOGIKA 4.5 5 Unknown Sabtu, 21 Maret 2015 Gerbang OR, Gerbang NOT, Gerbang NAND, gerbang NOR, X-gerbang OR (eksklusif OR), dan X-NOR gerbang (exlusive NOR) JENIS DASAR GERBANG LOGIKA   Ada tujuh jenis logika dasar gerbang membentuk Sistem Digital, yaitu:     Pintu Gerbang      Gerban...


@Copyright Blog Mulyadi Proudly to Google
J-Theme