• Home
  • Raih Prestasi Bersama SMK Negeri 1 Cairu

Jenis-jenis jaringan dasar

 on Rabu, 18 Maret 2015  





Jenis-jenis jaringan dasar

Hay sobat saya akan membagikan informasi tentang jaringan dasar yang sobat baca selengkapnya dibawah ini.  

A) Local Area Network (LAN)


Disingkat Local Area Network LAN adalah jaringan komputer yang hanya area kecil; seperti jaringan

jaringan LAN
komputer kampus, gedung, kantor, rumah, sekolah atau kecil. Saat ini, kebanyakan LAN pada IEEE 802.3 teknologi berbasis Ethernet menggunakan perangkat switching, / s memiliki kecepatan transmisi data dari 10, 100 atau 1000 Mbps. Selain Ethernet, teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-Fi) saat ini juga biasa digunakan untuk membentuk LAN. Tempat umumnya dianggap sebagai hotspot menyediakan konektivitas LAN dengan teknologi Wi-Fi.
Dalam LAN, setiap node memiliki komputer atau komputasi kekuatan tersendiri yang bertentangan dengan konsep dump terminal. Setiap komputer dapat mengakses sumber daya pada LAN pada hak akses yang telah diperbaiki. Sumber daya ini dapat output data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain dengan aplikasi.
Berbeda dengan jaringan luas atau wide area network (WAN), LAN memiliki karakteristik sebagai berikut:

    
Cepat memiliki data yang lebih tinggi
    
Mencakup daerah geografis yang sempit
    
Tidak diperlukan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di jaringan komputer server yang digunakan semua sistem yang dikelola dalam jaringan.
lan

B) Metropolitan Area Network (MAN)


Metropolitan Area Network (MAN) / Metropolitan Area Network adalah jaringan komputer melalui area yang lebih besar dari LAN meliputi, misalnya, antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini, koneksi jaringan beberapa bagian dari jaringan kecil ke daerah-daerah besar lingkungan, misalnya, yaitu: departemen jaringan di mana beberapa departemen di kabupaten / kota yang terhubung satu sama lain.
metro_network

C) Wide Area Network (WAN)


WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer, wilayah yang luas untuk menutupi sebagai contoh jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat, seperti jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik didefinisikan .
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan lokal lain sehingga pengguna atau komputer berkomunikasi di lokasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain.

2. Topologi Jaringan
Jaringan topologi, yang menggambarkan hubungan geometris antara unsur-unsur struktural dasar jaringan, yaitu, node, link, dan station.

A) Topologi Bus


Dalam topologi bus, yang keduanya harus diselesaikan jaringan unjung dengan terminator. Jadilah digunakan konektor barrel untuk memperluas itu. Jaringan terdiri dari saluran tunggal dengan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat menghubungkannya ke mentap Ethernetnya sepanjang kabel.
Linear Bus: Layout ini termasuk layout umum. Salah satu kabel utama ke setiap node, satu saluran untuk menghubungkan untuk mengakses komputer dengan ujung runcing. Setiap node terhubung ke dua node lain di salah satu ujung kabel yang menghubungkan setiap node hanya dengan satu sama lain, dengan pengecualian dari mesin. Topologi ini seringkali tidak digunakan dalam sistem client / server, dimana salah satu mesin pada jaringan sebagai file server, sehingga motor didedikasikan untuk hanya dalam distribusi data dan biasanya untuk memproses informasi, kerja ditemukan.
Instalasi jaringan bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Masalah terjadi sering terjadi, kemungkinan tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana, dan ketika istirahat simpul dengan kekuatan dan lalu lintas di seluruh jaringan mempengaruhi.
* Topologi Keunggulan bus adalah pengembangan jaringan atau pekerjaan baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
* Kelemahan dari topologi ini adalah bahwa, jika itu mempengaruhi kesalahan pada kabel sepanjang pusat seluruh jaringan.
Topologi Line adalah topologi yang banyak digunakan dalam penggunaan kabel coaxial jamur. Dengan menggunakan T-konektor (dengan terminator 50 ohm pada ujung jaringan), komputer atau perangkat jaringan lain dan hanya terhubung. Masalah utama menggunakan kabel coaxial adalah sulit untuk menilai apakah kabel coaxial yang digunakan benar-benar cocok atau tidak. Karena jika tidak benar-benar diukur dengan benar bahwa NIC (Network Interface Card) yang digunakan, dan kinerja jaringan diblokir, tidak merusak mencapai kapasitas maksimum. Topologi ini juga sering digunakan dalam jaringan serat optik dengan basis (yang dikombinasikan kemudian terhubung ke topologi star oleh klien atau node.).
Topologi bus

B) Topologi Bintang (Star)


Topologi bintang merupakan bentuk struktur jaringan dalam bentuk konvergensi dari node tengah pada setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.Kelebihan

    
Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan saluran dan drive stasiun.
    
Termasuk tingkat keamanan yang tinggi.
    
Tunggu lalu lintas yang sibuk.
    
Selain dan stasiun Pengurangan dapat dengan mudah dilakukan.
Kekurangan

    
Jika node rusak, maka seluruh jaringan akan terhenti.
Penanganan

    
Kebutuhan dibuat simpul pusat cadangan.
Topologi star

C) topologi ring


Topologi adalah sebuah cincin berbentuk jaringan topologi set poin, yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya untuk jalur melingkar membentuk cincin. Dalam topologi cincin, komunikasi data terganggu, ketika titik yang akan terganggu. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam secara bersamaan dan berlawanan.
Topologi ring3. Jaringan Protokol
Protokol adalah seperangkat aturan atau standar atau meninggalkan hubungan, komunikasi dan transmisi data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya. Pada tingkat terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
Protokol harus diprioritaskan dalam penggunaan standar teknis untuk menentukan bagaimana membangun sebuah peralatan perangkat keras komputer atau koneksi. Protokol yang umum digunakan dalam komunikasi real-time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur data untuk penyimpanan jangka panjang.
Sulit untuk menggeneralisasi, karena protokol protokol memiliki banyak variasi yang digunakan dalam penggunaannya. Kebanyakan protokol memiliki salah satu atau lebih dari pilihan berikut:

    
Mendeteksi koneksi fisik, atau ada tidaknya komputer atau mesin lainnya.
    
Melakukan Metode "berjabat tangan" (jabat tangan).
    
Negosiasi dengan karakteristik hubungan.
    
Seperti ke awal dan akhir pesan.
    
Bagaimana format pesan yang digunakan.
    
Apa yang harus dilakukan bila ada kerusakan pesan atau pesan yang tidak sempurna.
    
Jangan mengakui kerugian dalam hubungan jaringan dan langkah-langkah berikutnya
    
Mengakhiri koneksi.
Untuk memudahkan pemahaman yang lebih baik dari protokol, kita perlu memahami model OSI. Hanya dalam 7 model OSI, dimana setiap lapisan menyediakan jenis protokol di jalan.
A) jaringan Antarperalatan Komunikasi Protokol
Protokol ini mampu menyesuaikan bentuk dan jenis data yang ditransmisikan, menentukan jumlah listrik, jenis dan jumlah baris untuk metode transmisi yang digunakan.
B) Protokol dari sistem operasi yang digunakan
Sistem operasi NetWare menggunakan protokol utama IPX / SPX, Microsoft menggunakan protokol NetBEUI, sedangkan protokol standar di Internet melalui TCP / IP.
4. CARA untuk bekerja jaringan
Server berbasis jaringan.
Juga dikenal sebagai client-server terdiri dari server yang. Biasanya dengan sistem server Windows 2000
b. Peer-to-peer jaringan,
Setiap komputer dapat account pengguna dan berbagai sumber.contohnya Windows 98, Windows NT Workstation dan Windows 2000 Professional buat.5. Cara kawat jaringan telepon ..
Kabel telepon ke sistem kabel. Jadi membutuhkan kabel berfungsi. Pengoperasian kabel telepon, termasuk:
a.Suara pemancar diterima oleh alat yang disebut mikrofon.
b.Microphone mengkonversi gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian ditransmisikan melalui telepon.
c.Sinyal dilewatkan melalui kabel ke pusat telekomunikasi.
pusat telekomunikasi d.Dari akan mengirimkan sinyal ke penerima.
e.Setelah penerima, sinyal dikonversi kembali menjadi gelombang suara melalui apa yang disebut speaker.6. Bagaimana cara kerjanya jaringan telepon selular ...
Sistem mobile wireless. Pemancar dan penerima harus ditutupi oleh BTS (base station Transcaiver). BTS difasilitasi peralatan, komunikasi nirkabel antara pengguna ponsel. Cara kerjanya ponsel, antara lain:
a.Suara pemancar diterima oleh alat yang disebut mikrofon.
b.Microphone mengkonversi gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian ditransfer dari telepon ke BTS terdekat.
c.Sinyal diterima dari base station dan sinyal diteruskan ke pusat telekomunikasi.
d.Dari pusat telekomunikasi untuk sinyal BTS terdekat ditransmisikan kemudian ditransmisikan ke penerima.
e.Setelah penerima, SPEAKER sinyal dipanggil kembali menjadi gelombang suara oleh alat dikonversi.

Jenis-jenis jaringan dasar 4.5 5 Unknown Rabu, 18 Maret 2015 Disingkat Local Area Network LAN adalah jaringan komputer yang hanya area kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung Jenis-jenis jaringan dasar Hay sobat saya akan membagikan informasi tentang jaringan dasar yang sobat baca selengkapnya di...


@Copyright Blog Mulyadi Proudly to Google
J-Theme